Skip to main content

PENGERTIAN TENTANG SENI UNTUK PEMULA

SENI, BISA DIKATAKAN ITU BENTUK ATAU RUPA

   Manusia tidak bisa lepas dari seni, karena seni adalah salah satu kebudayaan yang mengandung nilay keindahan,
contoh: manusia kalau berpakaian inginya modelnya yang treen atau bagus. Manusia menyukai keindahan walaupun dirinya tak merasakan bahwa dirinya suka keindahan namun itu sudah pasti bahwa manusia menyukai keindahan.

sejarah:
  belum ada yang tahu kapan manusia memastikan kapan seni dimulai dikenal manusia, Namun walaupun begitu banyak jejak-jejak peninggalan menusia dari masa lampau menunjukan bahwa seni tumbuh dan berkembang sejajar dengan perkembangan manusia.
                menurut Ensiklopedia Indonesia, pengertian Seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karena keindahan bentuknya orang senang melihat mendengarnya.

nih biar lebih jelas, dibawah ini diambil dari wikipedia bahasa indonesia:

Seni rupa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.
Seni rupa dilihat dari segi fungsinya dibedakan antara seni rupa murni dan seni rupa terapan, proses penciptaan seni rupa murni lebih menitik beratkan pada ekspresi jiwa semata misalnya lukisan, sedangkan seni rupa terapan proses pembuatannya memiliki tujuan dan fungsi tertentu misalnya seni kriya. Sedangkan, jika ditinjau dari segi wujud dan bentuknya, seni rupa terbagi 2 yaitu seni rupa 2 dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar saja dan seni rupa 3 dimensi yang memiliki panjang lebar serta ruang.
Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA LUKISAN LEGENDA INDONESIA, RADEN SALEH

  KARYA PELUKIS LEGENDA RADEN SALEH:

Melukis Dari Ampas Kopi?. Apa Yang Terjadi

”Ketika sedang melukis sambil ngopi tiba-tiba perhatianku teralihkan pada ampas kopi yang menempel pada dinding gelas. Dari situ aku kok kepikiran buat melukis menggunakan kopi karena aku pikir sifat kopi itu mirip kayak cat air. Setelah aku coba ternyata memang bisa,'' tutur Amin. Hmm, melukis menggunakan kopi? Ya, begitulah yang dilakukan oleh Amin Fuad. Bakal seniman muda satu itu memang selalu berhasrat untuk bereksperimen, menemukan dan menghasilkan suatu karya lukis yang unik dan berbeda dari seniman lain. ''Lukisan yang dihasilkan dengan medium kopi itu memang belum sempurna. Sifat kopi yang transparan untuk digunakan sebagai medium lukis, membuatku kesulitan menghasilkan lu­kisan yang apik. Jadi, aku masih harus berpikir keras menemukan solusinya. Ya, memang harus sabar dan telaten. Tapi itu semua meng­asyikkan, kok,'' ung­kapnya sembari tersenyum. Bagi mahasiswa Seni Rupa Unnes ini, kerumitan dan kesulitan dalam proses melukis nggak pernah membua

10 Pelukisn Maestro Legendaris Terhebat versi JavaDesindo Art Gallery

10 Pelukis Maestro Legendaris Terhebat versi JavaDesindo Art Gallery  - Ayo belum pada tahukan?... 10 pelukis maestro yang terhebat dan legendaris, ada yang terkenal karena melukis monalisa yag bisa di nikmati lukisanya hingga kini. Kali ini saya akan share tentang 10 Tokoh Pelukis Maestro Legendaris Terhebat versi JavaDesindo Art Gallery